Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal dan Website

Penulisan daftar pustaka adalah bagian penting dalam karya ilmiah, tugas akademik, dsb. Berikut panduan menulis daftar pustaka yang benar.
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal dan Website
Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal dan Website

Daftar pustaka disebut juga sebagai referensi. Jadi, daftar pustaka adalah kumpulan referensi yang digunakan oleh penulis atau peneliti yang berupa daftar berisi informasi mengenai judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya.

Sumber referensi ini bisa beragam, mulai dari buku, jurnal/artikel ilmiah, dan juga bisa dari website online yang kredibel.

Bagaimana cara penulisannya? Yuk, baca penjelasan berikut ini.

Cara Menulis Daftar Pustaka Secara Umum yang Benar 

Isi dalam daftar pustaka, biasa berisi nama penulis, tahun terbit, judul buku atau artikel, nama penerbit, dan tempat penerbit. Penjelasan lengkapnya, sebagai berikut.

1. Nama Penulis

Nama penulis disebutkan sebagai bagian pertama. Penulisannya dimulai dengan nama belakang atau nama keluarga, diikuti oleh tanda koma (,) dan nama depan serta nama tengah (jika ada).

2. Tahun Terbit

Setelah nama penulis, langkah berikutnya adalah mencantumkan tahun terbit tulisan. Tahun terbit buku biasanya dapat ditemukan di halaman awal setelah halaman judul. Sementara itu, tahun terbit artikel jurnal dan makalah biasanya tertera di header bagian atas. 

Contoh Tahun Terbit Buku
Contoh Tahun Terbit Buku

Apabila tidak menemukan tahun terbit di buku, kamu bisa cek langsung di ISBN secara online kemudian memasukkan ISBN ke halaman website tersebut.

3. Judul Buku atau Artikel yang Dirujuk

Bagian selanjutnya, yaitu menulis judul buku atau artikel tulisan yang dirujuk. Judul harus ditulis secara lengkap sesuai dengan yang tercantum pada sumber, baik itu berupa buku, artikel jurnal, makalah, atau sumber lainnya. 

Judul Buku Lengkap
Judul Buku Lengkap

4. Nama Penerbit

Setelah mencantumkan judul tulisan, informasi berikutnya adalah nama penerbit. Nama penerbit buku biasanya terdapat di sampul depan, sampul belakang, atau pada halaman yang sama dengan tahun terbit buku. Jika sumbernya adalah artikel jurnal, cantumkan nama jurnal yang memuat artikel tersebut. 

5. Tempat Terbit

Langkah terakhir dalam penulisan daftar pustaka adalah mencantumkan keterangan penerbitan. Keterangan ini bisa berupa tempat terbit atau informasi lainnya yang relevan. Tempat terbit sering digunakan untuk sumber berupa buku dan biasanya dapat ditemukan di halaman yang sama dengan tahun terbit buku.

Sementara itu, informasi penerbitan pada artikel jurnal atau makalah dapat berupa nomor dan volume tulisan yang mana informasinya bisa ditemukan di bagian header. 

Sebelum lanjut, saya mau menjelaskan bahwa penulisan daftar pustaka ini menggunakan APA Style. Apa itu APA Style Daftar Pustaka? American Psychological Association (APA) merupakan penulisan referensi yang biasa digunakan dalam bidang ilmu sosial sains, pendidikan, teknik, dan sebagainya.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal dengan APA Style 

Untuk menulis daftar pustaka dari jurnal, formatnya adalah Nama Belakang, Inisial Nama Depan dan Nama Tengah (jika ada). (Tahun Terbit). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume Jurnal(Issue atau Nomor), Halaman. 

1. Penulisan daftar pustaka dari jurnal dengan satu pengarang  

Contoh: Diniati, A. (2018). Konstruksi Sosial Melalui Komunikasi Intrapribadi Mahasiswa Gay di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 147-159. 

2. Penulisan daftar pustaka dari jurnal dengan lebih dari satu pengarang  

Contoh: Diniati, A., Suryana, A., & Bajari, A. (2022). Pengalaman Buruh Anak tentang Perilaku Komunikasinya. Jurnal Komunikasi, 14(2), 322-345.  

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku dengan APA Style  

Untuk menulis daftar pustaka dari buku, formatnya adalah Nama Belakang, Inisial Nama Depan dan Nama Tengah (jika ada). (Tahun). Judul Buku. Kota: Penerbit Buku. 

Contoh: Putra, D. K. S. (2019). Political Social Responsibility: Dinamika Komunikasi Politik Dialogis. Jakarta: Prenadamedia. 

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Website Media Online dengan APA Style 

Untuk menulis daftar pustaka dari website media online, formatnya adalah Penulis/Domain Halaman Website. (Tahun, Tanggal Terbit Artikel). Judul. Tanggal Diaksesnya, Tautan Website. 

Contoh: Resha. (2023, 15 Maret). Tips Belajar Sub Tes PK dan PM SNBT [Terukur & Mudah]. Diakses pada 25 Januari 2024, dari https://blog.analitica.id/tips-belajar-pk-dan-pm/

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Video YouTube dengan APA Style 

Untuk menulis daftar pustaka dari video YouTube, formatnya adalah Nama Akun. (Tahun, Tanggal Unggahan). Judul Unggahan [Jenis Unggahan]. Jenis Media Sosial. Tautan 

Contoh: UTBKCAK. (2024, 11 Januari). Alamat di akun SNPMB sesuai Domisili atau Sesuai KTP?. [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=vIz138lm-VM 

Materi PBM untuk UTBK 2024
Bagikan ke temanmu!