3 Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

Pada kesempatan ini, kita akan belajar tentang jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama disertai dengan contoh nyata dalam sebuah teks.
Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama
Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

Setiap paragraf hanya boleh mengandung satu unit pikiran atau ide pokok. Maka dari itu, sebuah paragraf yang baik pasti terdiri atas gagasan pokok dan gagasan pendukung. Jadi, sebuah paragraf bisa memiliki salah satu dari 3 jenis paragraf berikut ini.

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan paragraf yang memilikikalimat topik pada awal paragraf. Kalimat topik itu selanjutnya diikuti oleh kalimat penjelas yang mendukung.

Contoh 1:

Brokoli termasuk sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi, sehingga cara memasaknya harus benar supaya nutrisi di dalamnya tidak hllang. Sayuran hijau ini lebih tepat dimasak dengan direbus setengah matang. Kemudian tiriskan dan siram dengan air dingin agar tetap berwarna hijau cerah dan tak layu.

Contoh 2:

Dalam hidup ini, kita mengalami berbagai peristiwa. Ada yang menyenangkan dan ada yang menyedihkan. Hiburlah temanmu yang sedang bersedih. Sebaliknya, ikutlah berbahagia jika temanmu sedang senang.

Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan paragraf yang memiliki kalimat utama di bagian akhir paragraf. Biasanya paragraf jenis ini diawali dengan penyebutan hal atau peristiwa khusus yang berfungsi sebagai penjelas dan mendukung gagasan utama. Kemudian dilanjutkan dengan penarikan simpulan berdasarkan hal khusus itu.

Dari kelok pertama sampai kelok ke-44, kami menikmati panorama yang masih perawan. Sampai di tepi Danau Maninjau, terlihat hamparan air yang dikelilingi bukit-bukit menjulang. Tampak dari kejauhan nelayan dengan sampan tradisional mencari ikan di tengah danau. Meskipun serasa di tepi pantai, angin sejuk menyapa dengan lembut. Sungguh molek alam Minangkabau yang belum pernah terjamah tangan-tangan jahil itu.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di bagian awal dan akhir paragraf. Pencantuman dua kalimat topik itu bukan pengulangan, melainkan penegasan informasi. Walaupun jarang digunakan, untuk jenis artikel panjang biasanya ada beberapa paragraf campuran.

Pencemaran udara, air, dan tanah saling berhubungan. Asap kendaraan mencemari udara. Polusi udara tertiup ke berbagai tempat. Hujan membawa polusi ke dalam air dan tanah. Jadi, semua polusi saling berkaitan.

Sumber referensi:

  • https://ivanlanin.medium.com/jenis-paragraf-7900aafd4ad1
  • https://www.cnnindonesia.com/
Materi PBM untuk UTBK 2024
Bagikan ke temanmu!