Cara Menentukan Topik Bacaan atau Teks

Topik bacaan merupakan salah satu materi tes di UTBK. Berikut panduan praktis cara menentukan topik bacaan dengan cepat dan benar.
Cara Menentukan Topik Bacaan
Cara Menentukan Topik Bacaan

Topik bacaan yaitu merupakan inti utama dari seluruh isi tulisan (teks) yang ingin disampaikan atau ingin lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Ada beberapa langkah jitu untuk menentukan topik bacaan dengan benar yang akan dibahas dalam artikel singkat berikut.

Langkah Menentukan Topik Pada Teks Bacaan

  1. Membaca semua paragraf dengan teliti.
  2. Bacalah mulai dari kalimat yang pertama hingga kalimat yang terakhir.
  3. Setiap paragraf pasti ada kata kuncinya. Temukan kata kunci yang ada dalam bacaan dan tandai kata kunci tersebut biasanya kata kunci akan diulang-ulang baik pada bagian awal, tengah atau akhir.
  4. Jeli membaca pada bagian kesimpulan.
  5. Menandai informasi penting dalam paragraf tersebut.
  6. Membaca insentif berulang kembali.
  7. Tentukan topik yang tepat dan paling bisa merepresentasikan bacaan secara menyeluruh.

Penjelasan Lebih Lengkap

Ciri utama dari topik dalam sebuah bacaan yaitu meliputi suatu permasalahan yang bersifat umum dan tidak perlu lagi untuk diuraikan kembali secara lebih mendetail.

Topik biasa terdiri dari satu bahkan juga terdiri dari dua kata yang lebih singkat, dan topik mempunyai persamaan dan juga memiliki perbedaan dengan tema dalam sebuah karangan.

Persamaan topik dan tema adalah baik topik maupun tema keduanya sama-saa bisa dijadikan sebagai judul dari karangan. Sedangkan, perbedaan topik dengan tema yaitu topik mengandung hal-hal yang bersifat umum, sedangkan tema mengandung hal yang lebih spesifik lagi dan lebih terarah dalam membahas suatu permasalahan.

Jadi, suah paham ya cara menentukan topik pada teks bacaan. Ada bahasan khusus untuk menentukan pokok paragraf, silakan mendalami detailnya di Menentukan Kalimat Utama dalam Paragraf.

Materi PBM untuk UTBK 2024
Bagikan ke temanmu!